Rabu, 08 Oktober 2014

Cara Memperbaiki Bootloader Yang Corrupt Pada Windows 8

Pernahkah kalian saat mau booting windows namun tampilan yang muncul malah seperti ini? ini terjadi karena bootloader yang corrupt akibat shutdown yang tidak benar atau bisa jadi akibat ulah virus, sehingga saat komputer pertama kali di hidupkan tidak ada bootloader yang tersedia untuk di jalankan.


Nah, kali ini saya akan membahas mengenai cara memperbaiki bootloader yang corrupt pada windows 8. Yang mempunyai trouble seperti ini mari simak caranya berikut ini atau yang cuma pengen tahu juga bisa menyimak caranya, kali aja ada teman kalian yang mempunyai trouble seperti ini juga. :p

Oke, pertama-tama siapkan DVD/Flashdisk Bootable Windows 8 untuk persiapannya. Ganti First Boot kalian dengan DVD/Flashdisk sesuai dengan media apa yang kalian pakai.




Setelah booting, mari kita klik "Repair your computer".




Selanjutnya klik "Troubleshoot".




Jika kalian mempunyai restore points, silahkan klik "System Restore" lalu pilih tanggal dimana komputer masih dalam keadaan baik atau pilih "Automatic Repair" untuk me-repair windows. Jika kedua cara tersebut tidak berhasil, maka kita mesti menggunakan opsi "Command Prompt".


Ketik command berikut ini, lalu tekan Enter.
bootrec /fixmbr
bootrec /fixboot
bootrec /scanos
bootrec /rebuildbcd 

Selanjutnya restart komputer kalian untuk melihat hasilnya.
 

Catatan: Jika tidak ada perubahan, kemungkinan besar kerusakan bukan pada OS melainkan pada media storage kalian. 

0 comments:

Posting Komentar